5.2.13

Langkah dan Model Pembelajaran

Dalam draft Pengembangan Kurikulum 20013 diisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Disebutkan pula, bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered active learning) dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. (Sumber: Pengembangan Kurikulum 20013, Bahan Uji Publik, Kemendikbud)
Berikut Kami sampaikan beberapa Model Pembelajaran yang dapat mendukung Proses Pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik:

Model-model Pembelajaran
a.  EXAMPLES NON EXAMPLES
(Contoh didapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD/Indikator) 
Langkah-langkah :
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dng tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan/ ditayangkan di OHP
  3. Guru memberi petunjuk analisis gambar
  4. Diskusi kelompok kecil
  5. Presentasi hasil didskusi
  6. Melalui hasil diskusi guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai



b.   NUMBER HEADS TOGETHER
Kepala Bernomor (Spencer Kagan)
Langkah-langkah :
  1. Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap anggota kelompok mendapatkan  nomor
  2. Penugasan pada setiap kelompok
  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya
  4. Guru memanggil salah satu nomor siswa-untuk melaporkan hasil kerjasama mereka.
  5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
  6. Kesimpulan  


c.  PICTURE  AND  PICTURE
Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
  2. Penyajian materi sebagai pengantar
  3. Guru memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi
  4. Guru menunjuk siswa secara bergantian memasang gambar menjadi urutan yang logis
  5. Guru menanyakan dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  6. Berdasarkan dasar pikiran siswa guru mempertegas konsep/materi sesuai tujuan
  7. Kesimpulan / rangkuman


d.  COOPERATIVE  SCRIPT (Dansereau)
Siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
  1. Guru membagi siswa utk berpasangan
  2. Setiap siswa diberi materi untuk dibaca dan membuat rangkuman
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa pendengar
  4. Pembicara membacakan rangkuman, dan pendengar menyimak, dan membantu mengingat ide-ide pokok dalam materi
  5. Masing2 pasangan bertukar peran
  6. Penyimpulan 


e.   KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
Modifikasi dari Number Heads
Langkah-langkah :
  1. Siswa dibagi dalam kelompok—setiap siswa mendapatkan nomor.
  2. Penugasan diberikan kepada siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai.
  3. Jika perlu, guru menyuruh kerjasama antar klpk. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu/mencocokkan hasil kerjasama mereka.
  4. Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari kelompok lain.  


f.  STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) 
Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin)
Langkah-langkah :
  1. Membentuk kelompok kecil heterogen (prestasi, sex, suku)
  2. Penyajian materi
  3. Penugasan pada kelompok, hingga seluruh anggota paham
  4. Guru memberi kuis kepada siswa – siswa tak boleh saling membantu
  5. Evaluasi


g.  JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah :
  1. Pengelompokan siswa dengan 4 anggota
  2. Tiap anggota diberi bagian materi berbeda
  3. Tiap anggota membaca bagian materi yang diberikan
  4. Anggota dari Tim yang berbeda yang telah mempelajari materi yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub-bab mereka.
  5. Setelah selesai diskusi sbg tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub-bab yang mereka kuasai, anggota lainnya mendengarkan
  6. Tiap Tim Ahli mempresentasikan hasil diskusi
  7. Evaluasi  


h.   PROBLEM  BASED INSTRUCTION (PBI)
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
PBI memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, memfasilitasi penyelidikan dan dialog
Langkah-langkah :
  1. Guru menjelaskan tujuan, logistik, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah
  2. Guru membantu mengorganisir tugas belajar
  3. Guru mendorong siswa melakukan langkah2 berpikir ilmiah
  4. Guru membantu siswa melakukan refleksi, evaluasi terhadap penyelidikan siswa


i.  ARTIKULASI
Langkah-langkah :
•         Penyampaian tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh guru
•         Penyajian materi oleh guru
•         Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orangan
•         Masing2 pasangan tukar ceritera materi yang baru diterima dari guru sambil membuat catatan kecil, secara bergantian.
•         Setiap siswa bergiliran secara acak menyampaikan hasil ceritera dari pasangannya.
▪         Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa. 

j.  MIND MAPPING
Langkah-langkah :
•         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
•         Guru mengemukakan kosnep/masalah yang akan ditanggapi siswa
•         Membentuk kelompok beranggotakan 2-3 orang
•         Tiap kelompok menginventarisasi alternatif jawaban hasil diskusi
•         Tiap kelompok – diacak, membacakan hasil diskusinya, dicatat dipapan tulis, dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
•         Siswa diminta menyimpulkan. 

k.  MAKE-A MATCH (Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
•         Guru menyiapkan beberapa kartu berisi bebepapa konsep—sebagian kartu konsep dan sebagian lainnya kartu jawaban.
•         Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
•         Setiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
•         Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
•         Setiap siswa yang berhasil mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
•         Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, dst.
•         Kesimpulan.

l.  THINK PAIR AND SHARE (Frank Layman, 1995)
Langkah-langkah :
•         Guru menyampaikan kompetensi dan inti materi yang akan dicapai
•         Siswa diminta berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
•         Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
•         Guru memimpin pleno diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
•         Guru mengarahkan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkap oleh siswa.
•         Penyimpulan

m.  DEBAT
Langkah-langkah :
•         Guru membuat dua kelompok debat -- satu-pro, satu-kontra .
•         Guru memberikan tugas untuk membaca materi, yang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
•         Setelah membaca materi, guru menunjuk salah satu kelompok pro untuk berbicara—saat itu ditanggapi oleh kelompok kontra dst, sampai sebagian besar siswa mengemukakan pendapatnya.
•         Guru mengidentifikasi ide2 yang muncul saat siswa berdebat.
•         Guru menambah ide atau konsep yang belum terungkap.
•         Penyimpulan

n.  GROUP INVESTIGATION (Sharan, 1992)
Langkah-langkah :
•         Pem bagian kelas menjadi beberapa kelompok heterogen
•         Penjelasan tujuan & tugas pembelajaran setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda.
•         Pembahasan tugas masing-masing kelompok secara kooperatif – berisi penemuan.
•         Presentasi hasil pembahasan/kerja kelompok.
•         Penyimpulan dan penegasan
•         Evaluasi  

o.   TALKING  STICK
Langkah-langkah :
•         Guru menyiapkan sebuah tongkat
•         Penyampaian materi pokok oleh guru, pemberian kesempatan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi
•         Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, guru memberikan pertanyaan kepada siswa  yang memegang tongkat, dst hingga sebagian besar siswa mendapat bagian pertanyaan guru
•         Penyimpulan
•         Evaluasi

p.   BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
•         Setiap dibuat berpasang-pasangan
•         Guru memberikan tugas, dan siswa mengerjakan tugas secara berpasang-pasangan
•         Setelah selesai, setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
•         Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka.
•         Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan, kemudian dibagikan kepada pasangan semula

q.   SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
•         Penyampaian materi oleh guru
•         Pembentukan kelompok.
•         Penjelasan materi pd ketua2 kelompok
•         Penjelasan materi oleh ketua kelompok kepada anggota kelompoknya
•         Pemberian LKS kepada masing-masing siswa, untuk menuliskan satu pertanyaan yg berkaitan materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
•         Kemudian kertas LKS tersebut  dibentuk bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama 5 menit.
•         setelah siswa dapat satu bola, satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab   pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
•         Guru memberikan kesimpulan
•         Evaluasi

r.   STUDENT FACILITATOR & EXPLAINING
Langkah-langkah :
•         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
•         Guru menyajikan materi
•         Pemberian kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya—misalnya melalui bagan atau peta konsep.
•         Guru menyimpulkan ide / pendapat dari siswa.
•         Guru menerangkan semua materi  yang disajikan saat itu.
•         Penutup.

s.   COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPETITION (CIRC)
Kooperatif  terpadu membaca dan menulis
Langkah-langkah :
•         Pembentukan kelompok dengan beranggotakan 4 orang – heterogen
•         Guru memberikan wacana/kliping sesuai toping pembelajaran
•         Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas.
•         Presentasi hasil kerja kelompok
•         Penyimpulan bersama 

t.   INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (Spencer Kagan)
Langkah-langkah :
•         Separuh kelas membentuk lingkaran kecil menghadap keluar
•         Separuh lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam.
•         Dua siaswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi.
•         Pertukaran informasi ini dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu bersamaan
•         Kemudian, siswa pada lingkaran kecil diam di tempat, siswa pada lingkaran besar bergeser shg berbagi informasi dengan pasangan barunya, dst  

u.  KARTU ARISAN
Buat kartu sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu lain untuk menulis soal.
Langkah-langkah :
•         Bentuk kelompok 4 orangan secara heterogen
•         Kartu jawaban bagikan kepada siswa masing2 1 lembar/kartu soal digulung, dimasukkan dalam gelas.
•         Gelas yang berisi gulungan soal dikocok, salah satu dijatuhkan, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawabannya.
•         Jika jawaban benar berikan yel-yel
•         Setiap jawaban benar diberi poin satu sebagai nilai kelompok. Kemudian ditotal nilainya per kelompok berdasarkan poin dari para anggotanya


 Model Lain DOWNLOAD SINI

1 comments:

  1. trim, sangat membantu dlm memilih model pembelajaran

    ReplyDelete