Berikut Kami sampaikan beberapa Model Pembelajaran yang dapat mendukung Proses Pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik:
Model-model Pembelajaran
a. EXAMPLES NON EXAMPLES
(Contoh didapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD/Indikator)
(Contoh didapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD/Indikator)
Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dng tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan/ ditayangkan di OHP
- Guru memberi petunjuk analisis gambar
- Diskusi kelompok kecil
- Presentasi hasil didskusi
- Melalui hasil diskusi guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
b. NUMBER
HEADS TOGETHER
Kepala Bernomor (Spencer Kagan)
Langkah-langkah :
- Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap anggota kelompok mendapatkan nomor
- Penugasan pada setiap kelompok
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor siswa-untuk melaporkan hasil kerjasama mereka.
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
- Kesimpulan
c. PICTURE
AND PICTURE
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
- Penyajian materi sebagai pengantar
- Guru memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk siswa secara bergantian memasang gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan dasar pemikiran urutan gambar tersebut
- Berdasarkan dasar pikiran siswa guru mempertegas konsep/materi sesuai tujuan
- Kesimpulan / rangkuman
d. COOPERATIVE
SCRIPT (Dansereau)
Siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan,
bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
- Guru membagi siswa utk berpasangan
- Setiap siswa diberi materi untuk dibaca dan membuat rangkuman
- Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa pendengar
- Pembicara membacakan rangkuman, dan pendengar menyimak, dan membantu mengingat ide-ide pokok dalam materi
- Masing2 pasangan bertukar peran
- Penyimpulan
e. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
Modifikasi dari Number Heads
Langkah-langkah
:
- Siswa dibagi dalam kelompok—setiap siswa mendapatkan nomor.
- Penugasan diberikan kepada siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai.
- Jika perlu, guru menyuruh kerjasama antar klpk. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu/mencocokkan hasil kerjasama mereka.
- Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari kelompok lain.
f. STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISION
(STAD)
Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin)
Langkah-langkah :
- Membentuk kelompok kecil heterogen (prestasi, sex, suku)
- Penyajian materi
- Penugasan pada kelompok, hingga seluruh anggota paham
- Guru memberi kuis kepada siswa – siswa tak boleh saling membantu
- Evaluasi
g. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah :
- Pengelompokan siswa dengan 4 anggota
- Tiap anggota diberi bagian materi berbeda
- Tiap anggota membaca bagian materi yang diberikan
- Anggota dari Tim yang berbeda yang telah mempelajari materi yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub-bab mereka.
- Setelah selesai diskusi sbg tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub-bab yang mereka kuasai, anggota lainnya mendengarkan
- Tiap Tim Ahli mempresentasikan hasil diskusi
- Evaluasi
h. PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
PBI memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa, peran
guru menyajikan masalah, memfasilitasi penyelidikan dan dialog
Langkah-langkah :
- Guru menjelaskan tujuan, logistik, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah
- Guru membantu mengorganisir tugas belajar
- Guru mendorong siswa melakukan langkah2 berpikir ilmiah
- Guru membantu siswa melakukan refleksi, evaluasi terhadap penyelidikan siswa
i. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
•
Penyampaian tujuan
pembelajaran yang akan dicapai oleh guru
•
Penyajian materi oleh
guru
•
Untuk mengetahui daya
serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orangan
•
Masing2 pasangan tukar
ceritera materi yang baru diterima dari guru sambil membuat catatan kecil,
secara bergantian.
•
Setiap siswa bergiliran
secara acak menyampaikan hasil ceritera dari pasangannya.
▪
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang
sekiranya belum dipahami siswa.
j. MIND MAPPING
Langkah-langkah :
•
Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
•
Guru mengemukakan
kosnep/masalah yang akan ditanggapi siswa
•
Membentuk kelompok
beranggotakan 2-3 orang
•
Tiap kelompok
menginventarisasi alternatif jawaban hasil diskusi
•
Tiap kelompok – diacak,
membacakan hasil diskusinya, dicatat dipapan tulis, dan mengelompokkan sesuai
kebutuhan guru
•
Siswa diminta
menyimpulkan.
k. MAKE-A MATCH (Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
•
Guru menyiapkan beberapa
kartu berisi bebepapa konsep—sebagian kartu konsep dan sebagian lainnya kartu
jawaban.
•
Setiap siswa mendapat
satu buah kartu.
•
Setiap siswa memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
•
Setiap siswa mencari
pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
•
Setiap siswa yang
berhasil mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
•
Setelah satu babak, kartu
dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya,
dst.
•
Kesimpulan.
l. THINK PAIR AND SHARE (Frank Layman, 1995)
Langkah-langkah :
•
Guru menyampaikan
kompetensi dan inti materi yang akan dicapai
•
Siswa diminta berpikir
tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
•
Siswa diminta berpasangan
dengan teman sebelahnya (dalam kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil
pemikiran masing-masing
•
Guru memimpin pleno
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
•
Guru mengarahkan pada
pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkap oleh siswa.
•
Penyimpulan
m. DEBAT
Langkah-langkah :
•
Guru membuat dua kelompok
debat -- satu-pro, satu-kontra .
•
Guru memberikan tugas
untuk membaca materi, yang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
•
Setelah membaca materi,
guru menunjuk salah satu kelompok pro untuk berbicara—saat itu ditanggapi oleh
kelompok kontra dst, sampai sebagian besar siswa mengemukakan pendapatnya.
•
Guru mengidentifikasi
ide2 yang muncul saat siswa berdebat.
•
Guru menambah ide atau
konsep yang belum terungkap.
•
Penyimpulan
n. GROUP INVESTIGATION (Sharan, 1992)
Langkah-langkah :
•
Pem bagian kelas menjadi
beberapa kelompok heterogen
•
Penjelasan tujuan &
tugas pembelajaran setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda.
•
Pembahasan tugas
masing-masing kelompok secara kooperatif – berisi penemuan.
•
Presentasi hasil
pembahasan/kerja kelompok.
•
Penyimpulan dan penegasan
•
Evaluasi
o. TALKING
STICK
Langkah-langkah :
•
Guru menyiapkan sebuah
tongkat
•
Penyampaian materi pokok
oleh guru, pemberian kesempatan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari
materi
•
Guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada siswa, guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat, dst hingga sebagian
besar siswa mendapat bagian pertanyaan guru
•
Penyimpulan
•
Evaluasi
p. BERTUKAR
PASANGAN
Langkah-langkah :
•
Setiap dibuat
berpasang-pasangan
•
Guru memberikan tugas,
dan siswa mengerjakan tugas secara berpasang-pasangan
•
Setelah selesai, setiap
pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
•
Kedua pasangan tersebut
bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka.
•
Temuan baru yang didapat
dari pertukaran pasangan, kemudian dibagikan kepada pasangan semula
q. SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
•
Penyampaian materi oleh
guru
•
Pembentukan kelompok.
•
Penjelasan materi pd
ketua2 kelompok
•
Penjelasan materi oleh
ketua kelompok kepada anggota kelompoknya
•
Pemberian LKS kepada
masing-masing siswa, untuk menuliskan satu pertanyaan yg berkaitan materi yang
sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
•
Kemudian kertas LKS
tersebut dibentuk bola dan dilempar dari
satu siswa ke siswa lain selama 5 menit.
•
setelah siswa dapat satu
bola, satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas
berbentuk bola tersebut secara bergantian.
•
Guru memberikan
kesimpulan
•
Evaluasi
r. STUDENT
FACILITATOR & EXPLAINING
Langkah-langkah :
•
Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai.
•
Guru menyajikan materi
•
Pemberian kesempatan
kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya—misalnya melalui bagan atau
peta konsep.
•
Guru menyimpulkan ide /
pendapat dari siswa.
•
Guru menerangkan semua
materi yang disajikan saat itu.
•
Penutup.
s. COOPERATIF
INTEGRATED READING
AND COMPETITION (CIRC)
Kooperatif terpadu membaca dan
menulis
Langkah-langkah :
•
Pembentukan kelompok
dengan beranggotakan 4 orang – heterogen
•
Guru memberikan
wacana/kliping sesuai toping pembelajaran
•
Siswa bekerjasama saling
membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas.
•
Presentasi hasil kerja
kelompok
•
Penyimpulan bersama
t. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
(Spencer Kagan)
Langkah-langkah :
•
Separuh kelas membentuk
lingkaran kecil menghadap keluar
•
Separuh lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam.
•
Dua siaswa yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar berbagi informasi.
•
Pertukaran informasi ini
dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu bersamaan
•
Kemudian, siswa pada
lingkaran kecil diam di tempat, siswa pada lingkaran besar bergeser shg berbagi
informasi dengan pasangan barunya, dst
u. KARTU ARISAN
Buat kartu sejumlah siswa
untuk menulis jawaban dan kartu lain untuk menulis soal.
Langkah-langkah :
•
Bentuk kelompok 4 orangan
secara heterogen
•
Kartu jawaban bagikan
kepada siswa masing2 1 lembar/kartu soal digulung, dimasukkan dalam gelas.
•
Gelas yang berisi
gulungan soal dikocok, salah satu dijatuhkan, dibacakan agar dijawab oleh siswa
yang memegang kartu jawabannya.
•
Jika jawaban benar
berikan yel-yel
•
Setiap jawaban benar
diberi poin satu sebagai nilai kelompok. Kemudian ditotal nilainya per kelompok
berdasarkan poin dari para anggotanya
Model Lain DOWNLOAD SINI
trim, sangat membantu dlm memilih model pembelajaran
ReplyDelete