22.1.13

TIPS AND TRICK MENGHADAPI PKG PKB

TIPS DAN TRIK MENYIKAPI PKG-PKB
Merujuk pada 1) 51 butir Penilaian Indikator dan 2) 14 Indikator Kinerja Guru yang merupakan Indikator Kompetensi profesional dan Pedagogik Guru, maka guru harus menyiapkan/memiliki dokumen dan guru melaksanakan kegiatan, sbb :
1.      Memiliki dokumen : Kalender Pendidikan
2.      Memiliki dokumen : Program Tahunan
3.      Memiliki dokumen : Program Semester
4.      Memiliki dokumen : Rincian Pekan Efektif
5.      Memiliki dokumen : Pemetaan Materi (hasil Analisis Konteks)
6.      Memiliki dokumen : RPP (berkarakter)
7.      Memiliki dokumen : Silabus (berkarakter)
8.      Memiliki dokumen : Jurnal Mengajar
9.      Memiliki dokumen : Daftar hadir Siswa
10. Memiliki dokumen : Bahan Ajar

Bahan ajar : hasil pemilihan dan pemilahan berbagai sumber belajar, dengan menyesuaikan kualitas/kuantitas materi, sistematika materi, tingkat kesulitan, kemampuan siswa, harga, daya beli sekolah atau kemampuan sekolah untuk pengadaannya, dll yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran kepada siswa di kelas
11. Memahami dan menerapkan : Metode Pembelajaran
12. Memiliki dokumen : Media Pembelajaran
13. Menggunakan : Media Pembelajaran
14. Memiliki dokumen : Sumber Belajar
Sumber belajar : segala referensi guru yang bisa dipelajari guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalismenya/penguasaan materi pelajaran yang diampu untuk kemudian dipilih, dipilah sebagai bahan ajar
15. Melaksanakan : Apersepsi
Apersepsi : 1) pengantar pembelajaran pada suatu pertemuan (salam, sapa, menanyakan kehadiran, memberi motivasi awal pembelajaran, menanyakan tugas/PR/hasil UH), 2) review materi pertemuan sebelumnya (untuk mengingatkan kembali, mendeteksi pemahaman siswa dari materi yang sudah dipelajari dan untuk menyambungkan dengan materi yang akan dipelajari), 3) preview materi yang akan dipelajari pada pertemuan tersebut
16. Memahami dan menerapkan : Pendekatan / Strategi Pembelajaran
Ketika guru telah memahami dan menerapkan Metode Pembelajaran, ada kalanya pembelajaran tidak sesuai dengan metode tersebut karena faktor tertentu/khusus pada kemampuan/keadaan siswa/materi/guru/sekolah, sehingga secara kreatif guru perlu menyikapi ketidaksesuaian tersebut dengan pendekatan/strategi tertentu/khusus sehingga Metode Pembelajaran bisa terlaksana sesuai dengan kemampuan/keadaan siswa/materi/guru/sekolah
17. Memiliki dokumen : Worksheet/LKS
18. Menggunakan : bahasa pembelajaran / bahasa akademik / Classroom Language
19. Melaksanakan : kegiatan penutup pembelajaran/ Teaching Closing
Kegiatan Penutup : 1) guru menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari, 2) guru melakukan tindak lanjut berupa penugasan : Tugas Mandiri Terstruktur/Tugas Mandiri tidak Terstruktur/PR, 3) guru melakukan umpan balik (evaluasi : quiz, evaluasi : UH/setelah mencapai jumlah pertemuan tertentu)
20. Melaksanakan penilaian :  Pencil and Paper Test/Performance Test/Project/Product
21. Memiliki dokumen : KKM
22. Memiliki dokumen : Analisis UH
23. Melakukan analisis UH
24. Memiliki dokumen : Perbaikan dan Pengayaan
25. Melaksanakan Perbaikan dan Pengayaan
Perbaikan/Remidi : pembelajaran ulang dengan metode / pendekatan / strategi khusus bagi siswa yang tidak mampu menguasai materi pelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan nilai UH rendah dan pengayaan dengan metode / pendekatan / strategi khusus bagi siswa yang mampu menguasai materi pelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan nilai UH tinggi
26. Memiliki dokumen : Tugas Mandiri Terstruktur
27. Memiliki dokumen : Tugas mandiri Tidak Terstruktur
28. Memiliki dokumen : Bank Soal
Bank Soal : sekumpulan soal dengan berbagai tipe/bentuk/jenis yang disiapkan guru dari berbagai sumber (sebagaimana sumber belajar), yaitu : 1) soal buatan guru sendiri, 2) soal yang disusun/kompilasi guru dari berbagai sumber, 3) soal pembanding dari guru/sekolah lain, 4) soal hasil dokumentasi/arsip ulangan terdahulu, 5) soal dari beberapa buku terbitan umum
29. Memiliki dokumen : Publikasi Ilmiah
30. Memiliki dokumen : Karya Inovatif
31. Melaksanakan Pengembangan Diri
32. Melaksanakan Tugas Tambahan

0 comments:

Post a Comment